Tuesday, May 01, 2007

Jendela Pencerahan, Sebuah Asa

Pers mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan, ia dapat memainkan perannya dalam mempengaruhi pandangan hidup umat manusia, bahkan pers mempunyai andil mengubah wajah dunia.

Media masa mempunyai andil terhadap terlukisnya gambaran buruk wajah Barat dalam persepsi masyarakat Timur, dan buruk wajah Timur dalam persepsi dunia Barat. Ia berperan merubah wajah lembut para santri menjadi wajah-wajah teroris dihadapan publik Amerika, dan melukis wajah Amerika menjadi wajah yang anarkis yang wajib dijihadi oleh umat islam.

Richard W. Baker, Special Assistant to the President of East West Center (ECW), berpendapat bahwa berita yang disampaikan oleh mass media tidak berimbang, sehingga menciptakan gambaran negatif tentang Islam dalam benak publik Amerika, dan membentuk opini negatif tentang Amerika.

Dalam hal ini harus dibayar mahal oleh umat manusia, karena kesalahan persepsi yang terjadi berdampak kepada terjadinya drama tragedi kemanusiaan yang hari ini menghiasi panggung dunia. EWC berdiri dalam uasha menjembatani salah persepsi Barat dan Timur dalam memandang satu dengan yang lainnya.

Kunjungan para senior jurnalist dari Amerika (Mr. Richard W Baker, Ms. Susan Kreifeis, Mr. Tim Connoly, David Crumn, William J Dobson, Larry Johnson, David Hage) dan alumni EWV (Mr. Mafoot Simon, Ms. Maziena Mazian, Ms. Norilla Daud, Mr. Khrishnan Parkaran, Arief Suditomo) ke Indonesia, terutama ke tempat-tempat ibadah, serta pesantren-pesantren di Indonesia adalah dalam usaha mencari gambaran positif bagi wajah pesantren dan umat Islam di Indonesia.

Kunjungan mereka ke Al-Zaytun yang mempunyai motto pusat pendidikan dan pusat pengembangan budaya toleransi dan perdamaian, melahirkan harapan. Satu asa bahwa Al-Zaytun mampu menjadi jembatan yang menyatukan konflik antara Timur dan Barat. Satu asa bahwa Al-Zaytun mampu berdiri sebagai jendela yang membuka pencerahan hubungan Timur dan Barat.

Berikut ini adalah wawancara yang dilakukan oleh tim reporter Al-Zaytun dengan wartawan Amerika dan Indonesia pada kunjungan mereka ke Al-Zaytun pada 1-2 Juli 2006 yang lalu, mengenai apa itu EWC dan sepak terjangnya. Serta wawancara mereka dengan pimpinan Al-Zaytun Syaykh AS Panji Gumilang.

1. Wawancara dengan Richard W. Baker, Special Assistant to the President of East West
Center (ECW).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Bisnis di Internet