Wednesday, May 11, 2011

Menag Pertanyakan Konsep Presiden di Al Zaytun


Indramayu - Pemimpin Ma'had Al Zaytun Panji Gumilang sempat menyebut keberadaan presiden di Al Zaytun saat menemui Menteri Agama Suryadharma Ali. Suryadharma pun mempertanyakan apakah presiden yang dimaksud.

"Tadi Anda katakan ada presiden di sini. Presiden santri? Apa itu?" tanya Suryadharma kepada Panji Gumilang kala mengunjungi Ma'had Al Zaytun di Desa Gantar, Mekarjaya, Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (11/5/2011).

Panji yang dibalut setelan putih tulang pun menjelaskan apa itu presiden santri. Presiden santri adalah ketua santri. Presiden ini juga punya menteri-menteri sebagai anak buah.

"Ketua itu presiden. Kalau bahasa Arab-nya 'Rois'," jelas Panji.

Menurut Panji, istilah presiden dan menteri sengaja dipilih sebagai bekal anak-anak didik untuk berdinamika di masyarkat. Panji menambahkan, menteri adalah pembantu presiden. Sebagaimana Suryadharma yang menjadi pembantu Presiden RI.

"Pak Menteri juga pembantu presiden. Presidennya adalah Presiden RI. Karena di perusahaan juga ada presidennya," ucap Panji.

Dia menambahkan, sejak dini anak-anak dikenalkan istilah presiden dan menteri dalam kepemimpinan agar tidak kaku. Bagaimanapun anak-anak adalah junior dari pemimpin di negeri ini.

"Mau jadi apa di situ? Ditanamkan bahwa mereka adalah orang Indonesia yang mengerti nilai dasar Indonesia," terang Panji.

Hari ini Suryadharma dan beberapa staf Kemenag mengunjungi Ma'had Al Zaytun. Kunjungan ini terkait maraknya pembicaraan tentang keterkaitan Al Zaytun dengan aktivitas NII KW 9.(vta/fay)

Sumber : Detiknews.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Bisnis di Internet