Sunday, January 21, 2007

Wapres: Perubahan Harus Ditandai dengan Kemajuan

INDRAMAYU, KOMPAS - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Sabtu (20/1) pagi, menyatakan makna dari peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1428 H berbeda dengan makna peringatan tahun baru 1 Januari yang lalu.

Makna Tahun Baru Islam 1 Muharam 1428 H harus ditandai dengan perubahan dan kemajuan suatu bangsa, karena adanya kegiatan dan perjuangan serta perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah untuk menegakkan Islam. Adapun tahun baru 1 Januari yang lalu tidak ditandai dengan kegiatan dan perjuangan, akan tetapi perhitungan yang didasarkan kalendar internasional.

Demikian disampaikan Wapres Kalla pada peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1428 di Masjid Rahmatan Lil’alamin, Kampus Pondok Pesantren Modern Al-Zaytun, Kampung Sangdram, Desa Mekarja, Kecamatan Gantar (Haurgeulis), Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Wapres didampingi Menteri Agama M Maftuh Basyuni, Wakil Ketua MPR Aksa Mahmud dan Kepala Badan Pengelola Minyak dan Gas (BP-Migas) Kardaya Warnika serta pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Syekh Panji Gumilang dan Wakil Gubernur Jawa Barat Nukman A Hakim.

Wapres menilai bahwa keberadaan Kampus Pondok Pesantren Modern Al-Zaytun mewakili sebuah perubahan dan kemajuan umat Islam itu sendiri, khususnya di Indramayu. Wapres dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada wali santri dari siswa dan mahasiswa pondok yang memberikan sadaqah secara terbuka di hadapan Wapres dengan jumlah antara Rp 65 juta hingga Rp 1 miliar lebih.

Menurut Panji Gumilang, Pondok Pesantren Modern Al-Zaytun yang dibangun sejak 1999, merupakan pondok pesantren yang memusatkan pada pendidikan dan ekonomi atau ekonomi pendidikan di mana pelajar dan mahasiswa selain mengikuti pendidikan juga mengikuti usaha pertanian di areal lahan yang dimiliki lembaga tersebut.

Luas lahan pondok pesantren ini 1.200 hektar dengan lahan yang digunakan untuk pendidikan, asrama, mesjid dan perkantoran dan lainnya 200 hektar. Siswa dan mahasiswa serta staf di pondok pesantren ini berjumlah 12.000 orang lebih berasal dari Indonesia dan sejumlah negara Asean, Afrika Selatan dan negara Afrika lainnya.

Ziarah ke makam

Kehadiran Wapres dalam peringatan 1 Muharam 1428 H merupakan salah satu rangkaian acara kunjungan spiritual Wapres yang sebelumnya dijadwalkan.
Dalam acara ini, meresmikan mesjid Jami Ar’Baiyah, Pondok Pesantren Modern Al’Fallah, Brebes, Jawa Tengah. Wapres juga akan ziarah di Makam Syaikh Syarief Hidayattullah Sunan Gunung Jati dan menghadiri Hari Ulang Tahun ke-453 Syaikh Syarief Hidayattullah Sunan Gunung Jati di Alun-Alun Kasepuhan Kota Cirebon.
Dalam acara ini, Wapres akan mengenakan pakaian adat Cirebon.
Sumber : Laporan Wartawan Kompas Suhartono
Berita Berkait :

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Bisnis di Internet