Sunday, August 06, 2006

Kiat Memilih Perguruan Tinggi

Memilih perguruan tinggi swasta gampang-gampang susah. Banyak factor yang harus diperhatikan agar tidak terjebak. Bagaimana kiat memilih perguruan tinggi yang berkualitas?

  • MINAT. Minat, menjadi penentu utama dalam memilih perguruan tinggi. Minat berkaitan dengan program studi yang akan dipilihnya. Bila sudah tahu minat yang ada, Anda akan semakin memudahkan memilih perguruan tinggi.
  • REPUTASI. Reputasi, tidak hanya menyangkut popularitas sebuah perguruan tinggi. Reputasi terkait dengan fasilitas belajar mengajarnya, kualitas lulusannya, dan bagaimana reputasi perguruan tinggi tersebut di kalangan pendidik.
  • AKREDITASI. Akreditasi, adalah status sebuah perguruan tinggi. Ada tiga status, yakni, disamakan, diakui, ataupun terdaftar. Ingat, status ini diberikan untuk program studi yang diselenggarakan dan bukan pada keseluruhan jurusan atau program studi di suatu perguruan tinggi. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi.
  • BIAYA. Kuliah identik dengan biaya mahal, apalagi kalau kita kuliah di swasta. Nah, sebelum mendaftar, sesuahkan dengan keuangan. Jangan sampai nekat dan droup out di tengah jalan gara-gara urusan biaya. Diskusikan masalah tersebut bersama orang tua.
  • PROSPEK. Saat ini banyak sekali program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi swasta. Tentu, tidak semuanya menjanjikan prospek pekerjaan yang cerah di masa mendatang. Selain sesuai minat, pilih jurusan yang mempunyai prospek masa depan yang menjanjikan.
  • JENJANG. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jenjang pendidikan. Pastikan apakah Anda ingin memilih jalur diploma atau strata. Sesuaikan dengan rencana masa depan Anda.
  • FASILITAS. Fasilitas, tidak hanya terkait dengan tampilan fisik. Gedung megah dan ber-AC saja, tidak cukup menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik. Fasilitas yang harus dilihat, sepertu laboratorim, studio, dan perpustakaan.

    (Sumber Harian Seputar Indonesia, – Sabtu, 5 Agustus 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Bisnis di Internet